Tips Membedakan MLM Penipuan Dengan MLM Asli

Pada saat internet makin berkembang, maka semakin banyak saja orang yang memanfaatkan keberadaan internet itu sebagai ladang mencari uang. Ada yang mencarinya dengan cara yang halal namun ada juga yang memanfaatkan ketidaktahuan orang lain untuk menipu mereka dengan cara melakukan mlm penipuan atau Multi Level Marketing yang palsu.

Mengenal Multi Level Marketing

Sebelum masuk pada pengetahuan mengenai tipsnya membedakan mlm penipuan dan mlm asli maka Anda tentunya harus mengetahui sedikit informasi mengenai apa itu multi level marketing. Ini adalah sebuah bisnis yang menggunakan level-level dalam keanggotaan biasanya produk yang dipasarkan adalah obat, kosmetik atau produk lainnya. Kegiatan pemasaran berkisar pada produk tersebut sedangkan proses pencarian downline atau anggota baru yang berada satu level di bawah Anda hanyalah sebagai selingan dan bonusnya pun tidak banyak. Justru yang bisa mendapatkan bonus yang banyak pada mlm asli adalah pada saat Anda bisa mencapai target penjualan produk tertentu. Ada beberapa mlm terpercaya yang memberikan bonus jalan-jalan ke luar negeri atau bahkan mobil ketika anggotanya sudah bisa mencapai target penjualan tertentu. Jika ditekuni dengan baik maka usaha ini memang sangat menggiurkan. Setelah sekilas mengerti tentang fenomena Multi Level Marketing maka selanjutnya akan dibahas mengenai bagaimana cara membedakan antara mlm penipuan dengan mlm yang memang benar asli.

Perbedaan Dari Segi Uang Pendaftarannya

Tentunya untuk menjadi anggota pada MLM, Anda akan membutuhkan uang pendaftaran sebagai tanda keanggotaan Anda. Pada mlm penipuan maka biasanya uang pendaftarannya sangat besar dan memberatkan, karena inti dari mlm penipuan biasanya memang untuk merektur sebanyak-banyaknya anggota dan nantinya uang bonus yang akan diberikan kepada anggota memang didapat dari perekrutan anggota yang berhasil dilakukan. Jika Anda mendapati sebuah mlm dengan uang pendaftaran yang sangat besar dan memberatkan maka Anda perlu mewaspadai adanya mlm tersebut, karena uang pendaftaran yang besar untuk mengindisikan mengenai mlm penipuan. Sedangkan pada mlm asli biasanya uang pendaftarannya tidak begitu besar. Uang pendaftaran itu hanya sebagai penanda saja sebagai anggota baru dan registrasi, sedangkan kegiatan yang sesungguhnya terletak pada usaha Anda dalam menjual produk yang ditawarkan oleh mlm tersebut. Pada mlm penipuan, produk hanya digunakan sebagai kedok saja dan biasanya pun produknya tidak begitu bermanfaat atau kualitasnya buruk. Pernah ada kasus di salah satu MLM Indonesia dimana anggota MLM melakukan modus penipuan lowongan kerja dan memaksa pelamar untuk membayar uang pendaftaran sebagai syarat untuk bisa diterima kerja, padahal uang tersebut dijadikan pembayaran registrasi anggota. Ini dilakukan agar oknum anggota tersebut cepat mendapatkan downline, kasus yang menimpa MLM Qnet ini sempat ramai menjadi perbincangan dan menjadikan nama buruk Qnet Penipuan.

Perbedaan Dari Segi Produk Yang Dijualnya

Dalam mlm penipuan biasanya juga tetap ada produk yang dijual, namun jika Anda perhatikan, produk yang dijualnya terkadang bahkan tidak layak jual dan tidak memiliki sertifikat apapun. Kebanyakan produk yang dijual pada mlm adalah obat atau kosmetik. Kedua produk tersebut adalah produk yang tidak bisa dibuat dengan sembarangan, karena menyangkut kesehatan seseorang. Oleh karena itu Anda pun dalam memilih mlm, harus memperhatikan juga tentang produk yang dijualnya, karena jika Anda menjual produk yang tidak aman dan tidak berkualitas serta orang yang membeli produk Anda itu mendapatkan akibat buruk setelah pemakaiannya maka tentunya Anda juga menjadi sasaran sebagai orang yang menjual produk. Oleh karena itu agar Anda tidak salah pilih, fokuslah pada produk yang dijual sebelum Anda bergabung dengan mlm itu, pastikan produk itu memiliki sertifikat dan kualitasnya baik. Sedangkan pada mlm penipuan biasanya sejak perkenalan mereka hanya menjelaskan mengenai produknya secara sekilas dan hal yang lebih ditekankan adalah agar Anda bisa merekrut sebanyak mungkin anggota baru pada mlm tersebut.

Perbedaan Dari Segi Keresmiannya

Anda juga harus mempelajari latar belakang mlm tersebut. Jika memang benar mlm itu asli maka biasanya akan terdaftar dalam berbagai asosiasi resmi dan juga memiliki sejumlah sertifikat resmi berkaitan dengan produknya seperti misalnya sertifikat BPOM untuk produk obat atau kosmetiknya. Biasanya mlm yang asli juga tergabung dalam berbagai asosiasi resmi mengenai usaha dan Anda bisa mendapatkan informasi mengenai mlm tersebut dari asosiasi itu. Namun jika Anda mendapati tidak ada satu pun sertifikat resmi yang dimiliki oleh mlm tersebut dan asosiasi yang diikutinya bahkan tidak resmi maka benar bahwa mlm itu adalah mlm penipuan. Pada saat ini masyarakat sudah sangat pintar dalam mencari informasi sehingga untuk melihat apakah itu adalah mlm penipuan atau bukan, bisa dilihat dari berbagai segi termasuk juga dari keresmian atau kelegalan dari mlm tersebut. Jika tidak memiliki izin apapun maka tentunya seharusnya mlm itu tidak bisa beroperasi di Indonesia dan sudah pasti bahwa mlm itu merupakan mlm penipuan yang tidak seharusnya Anda ikuti.

Perbedaan Dari Segi Motivasinya

Untuk mlm yang asli biasanya dalam jangka waktu tertentu akan sangat sering diadakan seminar-seminar yang dihadiri oleh seluruh anggota dari kota tersebut atau bahkan dari seluruh Indonesia, biasanya dalam seminar tersebut berisi tentang kajian dan motivasi mengenai mlm tersebut serta produk yang dijual sehingga para anggota bisa lebih semangat dalam menjual produk. Dihadirkan juga anggota-anggota yang telah berhasil dalam mlm tersebut untuk menceritakan pengalaman dan apa saja yang sudah didapatnya. Dengan kata lain, jika MLM tersebut adalah MLM Asli, maka perusahaan tersebut telah bertahan lama dan mempunyai beberapa grup besar dan sukses yang berisi leader-leader yang telah sukses. Ini menandakan bahwa MLM tersebut berkembang dan sanggup bertahan. Salah satu contoh yang ada di MLM Qnet Indonesia adalah grup Qnet Ora Umum. Grup ini telah menjadi sangat besar di Indonesia karena jumlah nya sudah mencapai ribuan dan tersebar di seluruh Indonesia. Seminar yang diadakan bertaraf kota, provinsi bahkan nasional. Sedangkan dalam mlm penipuan biasanya seminar-seminar demikian sama sekali tidak diadakan, Anda hanya ditekankan untuk mencari sebanyak mungkin anggota pada awal pendaftaran dan juga apa saja bonus yang bisa Anda dapatkan setelah mendapatkan anggota baru. Produk yang Anda jual pada mlm penipuan bahkan tidak begitu diperhatikan dan hanya sebagai penghias proses perekrutan anggota baru dalam mlm itu.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang bisnis Qnet Indonesia – MLM Asli bukan penipuan, Anda bisa mengunjungi laman berikut.