MLM OJK: Legalitas Bisnis MLM Menurut OJK

Bisnis mlm OJK berarti praktik Multi Level Marketing yang sudah mengantongi ijin resmi dari lembaga Otoritas Jasa Keuangan. Pemberian ijin atau legalitas itu sebagai tanggapan sekaligus sosialiasi kepada masyarakat yang resah dan dilanda kecemasan dengan maraknya berbagai penawaran program MLM atau investasi yang kadang-kadang berujung pada penipuan.

MLM Menurut OJK

Kira-kira setahun lalu, pihak OJK melalui perwakilannya menyampaikan kepada publik bahwa bisnis MLM yang resmi tidak termasuk investasi bodong. Penyebabnya karena dari pihak MLM itu sudah memiliki SIUPL atau Surat Ijin Usaha Penjualan Langsung yang dirilis oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Berdasarkan keterangan resmi dari OJK, MLM adalah praktik legal karena secara jelas menawarkan produk barang mulai dari suplemen hingga alat-alat kosmetik. Merujuk pada pengertian praktik bisnis bahwa kegiatan yang diakui hukum adalah transaksi penjualan barang-barang yang tidak terlarang.

OJK pun membedakan praktik MLM dengan investasi bodong. Kalau dalam praktik investasi bodong, yang dijual bukanlah produk. Tapi sistem keanggotaan yang memberikan iming-iming potensi bonus besar jika berhasil merekrut banyak orang baru.

Investasi bodong adalah model penanaman modal yang tidak bisa dipercaya karena nilai keuntungan yang ditawarkan sangat tinggi dan tak lazim. Salah satu contohnya adalah tawaran untung sebanyak 30 persen tanpa adanya risiko. Bisnis semacam ini jelas sangat mencurigakan.

Modus Penipuan dengan MLM

Masalahnya adalah modus MLM yang digunakan untuk tujuan penipuan. Melalui iming-iming bonus dan rate yang tinggi, seseorang bisa dengan mudahnya tergiur untuk ikut dalam sebuah program investasi. Kemasannya adalah praktik bisnis MLM, tapi kenyataannya adalah program investasi yang sama sekali tidak melibatkan aktivitas transaksi produk.

Maraknya praktik penipuan dengan modus tersebutlah yang kerap melekatkan stigma negatif pada MLM di tengah masyarakat. Sementara itu persebaran informasi yang kian masif di internet kerap mengaburkan pemahaman dan menyebabkan kebingungan di tengah masyarakat yang di satu sisi penasaran dengan MLM dan di sisi lain merasa khawatir atau cemas dengan risikonya. Selain itu, ada juga modus penipuan MLM yang mengatasnamakan lowongan pekerjaan yang dilakukan oleh segelintir oknum anggota MLM agar bisa cepat meraih downline dengan usaha yang sekecil-kecilnya. Salah satu modus loker yang sempat ramai adalah modus Qnet Penipuan.

Bagaimana Solusi Mencari MLM yang Tepat?

Tidak ada salahnya ikut program MLM asalkan tahu dan paham dengan baik apa konsekuensinya. Selain itu, mesti dikenali juga apa saja yang menjadi ciri dari MLM atau network marketing yang baik. Ada sejumlah indikator yang dapat dijadikan pegangan demi menghindari risiko kerugian akibat penipuan investasi bodong berselubung kedok MLM.

Indikator MLM Sehat

Kita sebut saja praktik MLM yang baik itu memiliki ciri-ciri yang sehat. Artinya, tidak ada hal yang berpotensi menimbulkan masalah bagi pesertanya. Ciri-ciri tersebut meliputi beberapa hal berikut:

  1. Produk yang punya keunggulan atau keistimewaan.

Salah satu ciri khas dari bisnis MLM adalah produk yang ditawarkan dalam paket harga tertentu dan spesifikasi yang beragam. Misalnya produk untuk kesehatan atau kecantikan. Nah, bisa ditelusuri apakah produk yang ditawarkan itu punya kesamaan dengan jenis lain di pasaran. Pasalnya, untuk apa membeli produk yang baru dikenal atau lebih mahal jika ada yang lain dan sudah diketahui sejak lama di pasaran?

Jika memiliki keistimewaan atau keunggulan itu, anggota yang membelinya tidak akan berhenti sebatas sebagai konsumen. Akan tumbuh kesadaran dan minat menjadi distributor produk tersebut karena memahami potensi profit yang tinggi dari penjualannya.

  1. Harga masuk akal.

Bagaimanapun juga harus kita pahami bahwa produk jika punya nilai yang agak tinggi memiliki keistimewaan tertentu. Tetapi nilai tersebut tentu masih masuk dalam batas yang rasional. Di sini berlaku hukum branding dari sebuah produk dan pihak yang menjualnya.

Berbeda dengan MLM gadungan yang menawarkan sebuah produk yang sebetulnya banyak di pasaran tetapi mematok nilai harga yang tak masuk akal. Atau produk tersebut bisa dengan mudahnya kita peroleh di tempat lain dengan harga yang normal atau lebih murah.

  1. Volume penjualan stabil.

Bagaimana menjamin volume penjualan yang stabil? Dalam hal ini, ada jaminan akan ada pemesanan yang rutin dari pihak yang membeli produk dan itu pun dalam durasi yang singkat atau tak terlalu lama menunggu. Jadi, tanpa mengandalkan perekrutan anggota baru pun masih bisa menarik keuntungan dari penjualan produk.

  1. Aturan bonus jelas.

MLM yang sehat menetapkan bonus berdasarkan hasil penjualan produk, bukan semata karena keberhasilan merekrut anggota baru. Jadi, ada hal yang sangat jelas di sini. Imbalan karena mampu menjual bonus dengan menembus target masing-masing.

  1. Alamat jelas dan customer service.

Sebuah bisnis MLM yang baik tentu punya reputasi yang bisa dipertanggungjawabkan. Jangka waktu operasional yang lama dan punya prospek yang jelas. Jaringan yang dibentuk oleh perusahaan MLM ini terlihat dari jumlah member dan berbagai ulasan positif. Selain itu, ada alamat jelas yang bisa kita kunjungi kantornya termasuk layanan kepada setiap anggota dan konsumen.

Disarankan bagi yang hendak mengikuti program MLM mesti menganalisis secara cermat tentang reputasi dari perusahaan bersangkutan. Aspek legalitas harus diperhatikan dan dipahami oleh yang berminat pada program bisnis ini. Di samping itu, jangan mudah terbujuk oleh serangkaian kalimat promo yang berlebihan karena jika punya reputasi yang bagus tentu punya kepercayaan yang kuat dari para anggota dan konsumen. Sehingga program promosi yang ditawarkan pun sewajarnya saja.

Qnet Indonesia sebagai perusahaan yang terdaftar di APLI dan diakui oleh OJK merupakan salah satu usaha MLM yang sudah ada di Indonesia sejak tahun 2000 dan terus berkembang hingga saat ini.

Pihak OJK memberikan keterangan yang sangat jelas dan informatif mengenai bisnis MLM ini. Ada baiknya dipahami sebaik mungkin dengan cara mencari keterangan selengkapnya soal bisnis MLM yang kebetulan sedang diminati. Hal ini bisa dilakukan dengan berdiskusi dengan grup besar yang ada di MLM tersebut dan bisa bertanya apa pun yang masih mengganjal di hati Anda. Para pelaku MLM harus bisa menjelaskan secara detil dan faktual dan masuk akal bagi Anda. Di Qnet Indonesia, salah satu grup yang paling besar adalah Qnet Ora Umum. Temukan para leader disini dan berdiskusilah dengan mereka.